Kapolres Nagan Raya Hadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2019

Tribratanewspolresnaganraya.com- Kapolres Nagan Raya AKBP Giyarto, S.H., S.IK. hadiri Peringatan Hari Santri Nasional 2019 yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Nagan Raya dalam bentuk upacara resmi yang diikuti oleh ribuan santri dari berbagai Pondok pesantren / dayah dan masyarakat Kabupaten Nagan Raya. Selasa (22/10/2019).

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Bupati Nagan Raya H.M. Djamin Idham, S.E. Dalam amanat Menteri Agama yang dibacakan oleh Bupati menekankan tentang peran santri dalam merebut dan menjaga kemerdekaan RI. Dalam peringatan Hari Santri tentunya tidak lepas dari tercetusnya `Resolusi Jihad` yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada 22 Oktober 1945 yang melahirkan peristiwa heroik 10 November yang sampai sekarang diperingati sebagai hari Pahlawan.

Lebih lanjut Bupati menegaskan, isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian. Pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam Rahmatan Lilalamin, Islam yang ramah dan moderat dalam beragama. Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural. Dengan cara seperti inilah keragaman dapat disikapi dengan bijak serta toleransi dan keadilan dapat terwujud.

Kapolres mengatakan, Kontribusi santri dalam menjaga Kamtibmas di Nagan Raya Sering kali kita berkolaborasi dan bekerjasama dalam menjaga dan menciptakan Kamtibmas yang kondusif. Sinergi dan silaturahmi ini diharapkan tetap terjalin dengan baik untuk bersama-sama menjaga Negeri agar tetap Aman, tentram, damai dan kondusif.

Sebagai acara penutup Bupati Nagan Raya didampingi Forkopimda memberi biaya pembinaan dan bonus berupa Umrah bagi peserta yang meraih juara MTQ XXXIV Aceh di Kabupaten Pidie tahun 2019 yang terdiri dari lomba Tilawah, Tahfiz 10 Juz, Khat Naskah, Syahril Qur’an, Tahfiz 5 juz, Tahfiz 1 jus dan Tafsir Bahasa Arab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *