Temukan Titik Api, Jajaran Polres Nagan Raya bersama Unsur Terkait Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan

0

Tribratanewspolresnaganraya.com- Tim Pencegahan Karhutla Kabupaten Nagan Raya yang terdiri dari TNI-Polri dan BPBD beserta masyarakat setempat berjibaku memadamkan api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Dusun Suka Mukti Desa Krueng Itam Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya. Minggu (05/07/20).

Mulanya titik api termonitor melalui aplikasi Lancang Kuning bahwa ada titik api di daerah tersebut. Selanjutnya Bhabinkamtibmas Polsubsektor Tadu Raya  melakukan verifikasi titik api dan melaporkan bahwa betul ada kebakaran di kebun sawit salah satu warga.

Pemadaman kebakaran hutan dipimpin langsung oleh Forkopimda Kabupaten Nagan Raya yang turun ke lapangan untuk membantu dan meninjau karhutla. Pada pukul 15.00 Wib api berhasil dipadamkan, kegiatan pemadaman api pun diberhentikan sementara namun hanya sisa asap yang masih berada dilokasi.

Karena lokasi yang tidak bisa dijangkau oleh Mobil Damkar, Petugas hanya memadamkan api dengan alat seadanya seperti 1 Unit Mesin Semprot Air Fuboru Milik Polsek Kuala, 4 Unit Mesin Robin Milik BPBD Nagan Raya, 1 Unit Mesin Robin Milik Masyarakat Desa Kreung Itam dan Motor pemadam kebakaran modifikasi bhabinkamtibmas Polsek Kuala.

Kapolres Nagan Raya AKBP Risno, SIK  mengimbau kepada masyarakat turut serta aktif dengan memberikan informasi apabila menemukan kebakaran hutan atau lahan. Jauh-jauh hari personel Bhabinkamtibmas jajaran Polres Nagan Raya juga sudah melakukan sosialisai tentang karhutla dan hukum pidananya.

“Kami juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membuka hutan atau lahan dengan cara dibakar karena pelaku dapat dihukum pidana,”

“Untuk saat ini kami masih melakukan penyelidikan apakah terjadinya kebakaran memang ada unsur kesengajaan atau tidak, jika pun ada kami akan memproses nya sesuai dengan hukum yang berlaku. tutup Kapolres.

Lahan yang terbakar tersebut merupakan lahan Garapan milik Sdr. Wahidin warga Desa Lamie Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya seluas 12 hektar yang terbakar dari 37 Hektar luas semua lahannya.

Share.

Leave A Reply

Copyright © 2018 TBN Polres Nagan Raya