Rabu, Mei 22, 2024
HeadlineHumasMitra PolriPolisi KitaPolsek

Personel Polsek Darul Makmur Bersama Instansi Terkait Padamkan Karhutla

Tribratanewspolresnaganraya.com- Tim Pencegahan Kathutla Kabupaten Nagan Raya yang terdiri dari TNI-Polri dan BPBD berserta masyarakat setempat berjibaku memadamkan api kebakaran hutan dan lahan kebun kelapa sawit milik sdr. Nurdin di Desa lamie Kecamatan Darul Makmur. Sabtu (20/02/2021).

Mulanya titik api termonitor melalui Aplikasi Lancang Kuning bahwa ada titik api di daerah tersebut. Selanjutnya Kapolsek Darul Makmur Iptu Samsul melakukan verivikasi titik api dan melaporkan bahwa betul adanya Karhutla. Selain kebun milik Sdr. Nurdin, Api juga menjalar ke kebun milik Sdr. Hasan dan Yunus.

Untuk menanggulangi karhutla tim langsung mencoba memadamkan api dengan menggunakan mesin pompa air robin, Mobil damkar 3 unit serta membuat parit-parit agar api tidak menjalar dan juga membuat sumur untuk memudahkan petugas menemukan sumber air karena sulitnya mencari sumber air di daerah tersebut.

Kapolres Nagan Raya AKBP Risno, SIK mengimbau kepada masyarakat turut serta aktif dengan memberikan infomasi apabila menemukan kebakaran hutan atau lahan. Jauh – jauh hari personel Bhabinkamtibmas jajaran Polres Nagan Raya juga sudah melalukan sosialisasi tentang karhutla dan hukum pidananya.

“Kami juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membuka hutan atau lahan dengan cara dibakar karena pelaku dapat dihukum pidana,”

“Untuk saat ini kami masih melakukan penyelidikan apakah terjadinya kebakaran memang ada unsur kesengajaan atau tidak, jika pun ada kami akan memprosesnya sesuai dengan hukum yang berlaku,”Tutup Kapolres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *