Rabu, Mei 22, 2024
HeadlineHumasMitra PolriPolisi KitaSumda

Antisipasi Penyalahgunaan Senpi, Wakapolres Nagan Raya Pimpin Pemeriksaan Senpi

Tribratanewspolresnaganraya.com- Guna mengurangi terjadinya kesalahan prosedur dalam penggunaan senjata api dinas yang dipinjamkan kepada personel, diperiksa oleh Sie Propam Polres Nagan Raya. Senin (01/03/2021).

Wakapolres Nagan Raya Kompol Alwin Andriyan, A.md.,SS,MH. didampingi Kabag Sumda Kompol Sudianto, SH,MH, Kasi Propam dan Kasubbag Sarpras menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan pemeriksaan senjata api semacam ini adalah salah satu bentuk pengawasan oleh dinas terhadap senpi dinas agar tidak disalahgunakan oleh anggota.

Bagi anggota yang memegang senpi ini juga harus memenuhi syarat, seperti lulus ujian psikotes atau psikologi kemudian uji praktek menembak. Itu syarat yang harus dilalui oleh anggota.

“Senpi yang ditemukan tidak bersih, pemegangnya diberi teguran, sedangkan yang administrasinya tidak lengkap atau kadaluarsa, senpinya langsung ditarik,” ujar Wakapolres.

Menurutnya, pemeriksaan ini meliputi kebersihan senjata dan kelengkapan administrasinya. Secara mendetail, juga diperiksa kebersihan senjata dan amunisi, serta keabsahan kartu senpinya.

“Senjata api yang diperiksa itu semuanya laras pendek yang digunakan beberapa anggota polisi di seluruh satuan tugas di Polres Nagan Raya,” imbuhnya.

“Diharapkan kepada seluruh personil yang membawa senjata api yaitu agar setiap personel dapat bertugas menggunakan senjata api secara profesional dan sesuai SOP (Standar Operating Procedure) dan selalu waspada dalam pelaksanaan tugas sehari- hari”, Arahan Wakapolres.

Adapun pemeriksaan ini adalah pemeriksaan rutin secara berkala yang sifatnya pengawasan dan pengendalian, dan Setiap anggota harus disiplin dalam penggunaan senjata api,serta yang terpenting dia anggota aktif dan psikologinya baik,”” tutup Wakapolres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *