Rabu, Mei 22, 2024
BinkamBinmasHeadlineHumasMitra PolriPolisi Kita

Wakapolres Nagan Raya Membuka Kegiatan Forum Silaturahmi Kamtibmas

Tribratanewspolresnaganraya.com- Satuan Binmas Polres Nagan Raya yang dipimpin Kasat Binmas Polres Nagan Raya AKP S. Bambang melaksanakan kegiatan forum silaturahmi Kamtibmas dalam rangka upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Nagan Raya, Rabu (31/03/21) pukul 10.00 Wib.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Hotel Grand Nagan dibuka oleh Wakapolres Nagan Raya Kompol Alwin Andriyan, Amd, S.S,M.H. yang dihadiri oleh Kasat Reskrim Polres Nagan Raya AKP Machfud, S.H, M.M. sebagai pemateri, Kepala BPBD yang diwakilkan oleh Sekretaris BPBD Kabupaten Nagan Raya Saiful Bahri, serta peserta udangan yaitu keuchik masing-masing desa dan 2 tokoh masyarakat peduli api.

Melalui kegiatan tersebut Kasat Binmas menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas serta menghimbau Kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk tidak melakukan pembakaran lahan sembarangan agar himbauan ini diteruskan kepada tetangga-tetangga saudara.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakan Kegiatan tersebut yaitu agar kedepannya dapat menjalin hubungan kerja sama yang baik antara kepolisian, pemerintah, dan masyarakat, dalam pelaksanaan pencegahan karhutla dengan cara memberikan informasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutla dan hal yang ditimbulkan bagi kehidupan manusia dan membentuk tim Masyarakat Peduli Api (MPA) beserta membentuk Posko Peduli Api di tiap-tiap Desa di Wlikum Polres Nagan Raya.

Keterlibatan MPA dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan tidak serta merta dibentuk begitu saja tetapi juga dilakukan pembinaan. Setiap personil MPA dibekali dengan dasar-dasar pengendalian karhutla, kegiatan pencegahan dan juga pemadaman. Selain itu, MPA juga diberikan pelatihan pembukaan lahan tanpa bakar atau setidaknya adanya kontrol dari masyarakat terhadap pembakaran lahan yang dilakukan secara terkendali. Dengan demikian diharapkan MPA bisa menjadi pioner dalam kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan serta bisa memberikan pengetahuan kepada masyarakat dalam melakukan pembukaan lahan. Dengan adanya MPA sebagai mitra KLHK dapat membantu pemerintah, dan rekan-rekan dapat terjun langsung mencegah kebakaran hutan dan lahan serta bersama-sama menciptakan langit biru bebas asap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *