Cegah PMK, Kapolres Nagan Raya Imbau Masyarakat Selektif Beli Hewan Ternak

Tribratanewspolresnaganraya.com- Kapolres Kapolres Nagan Raya AKBP Setiyawan Eko Prasetiya, SH.SIK. melalui Waka Kapolres Kompol Sugeng Sugiarto, Spd, MM. mengatakan adanya kasus penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak seperti sapi, pihaknya melakukan langkah pemantauan dan pengawasan. Kegiatan ini dilakukan disejumlah peternakan sapi yang ada di wilayah hukum Polres Nagan Raya .

Merebaknya penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak sapi, Kapolres bersama instansi terkait terus melakukan pemantauan.( 12/05/2022 )

Kapolres bersama pihak Dinas Perternakan mengsosialisasikan terhadap ciri-ciri sapi yang terkomfirmasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan kepada masyarakat berupa, Demam tinggi, Tidak mau makan, Keluar lendir pada mulut dan berbusa, Luka-luka pada rongga mulut dan lidah dan Luka pada kuku dan diakhiri Lepasnya kuku.

Kapolres berharap agar masyarakat khususnya pemilik ternak untuk tidak melepaskan ternaknya demi mencegah dari ancaman Penyebaran PMK, Seperti diketahui bahwa ada beberapa daerah kini telah terjadi penyebaran wabah tersebut yang mengakibatkan kematian pada hewan ternak.

Oleh karenanya Kapolres berharap kepada seluruh lapisan masyarakat baik dari Muspika maupun tokoh masyarakat untuk membantu dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap penyebaran PMK pada Sapi, dengan melakukan sosialisasi ke Desa-Desa, sehingga terhindar dari penyakit pada hewan tersebut,

Kita juga telah melakukan langkah-langkah pencegahan dengan cara memberi himbauan kepada masyarakat yang memiliki ternak khususnya sapi dan Kerbau agar tidak panik dan untuk sementara tidak melepas liarkan hewan ternaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *