Rabu, April 17, 2024
BinkamBinmasHeadlineHumasMitra PolriPolisi Kita

Sosialisasi Bimbingan Penyuluhan Hukum di Gampong Pulo Ie Terkait Sengketa Tanah Dilaksanakan

Tribratanaganraya.com – Pulo Ie, 3 Oktober 2023 – Pada hari Kamis, tanggal 3 Oktober 2023, pukul 10.00 hingga 12.00 WIB, telah diadakan kegiatan Sosialisasi Bimbingan Penyuluhan Hukum di Kantor Keuchik Gampong Pulo Ie, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Gampong Pulo Ie dan Gampong Ujong Sikuneng terkait sengketa tanah yang tengah terjadi.

Dalam acara ini, penyampaian materi bimbingan hukum disampaikan oleh pihak Kepolisian Polres Nagan Raya. Mereka menegaskan bahwa pihak kepolisian tidak akan memihak kepada salah satu pihak yang terlibat dalam sengketa tanah terkait hal sita eksekusi tanah. Masyarakat diminta untuk memahami dan menghormati putusan Pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. Namun, jika masyarakat tidak menerima putusan tersebut, diimbau untuk melaporkan dan mengajukan banding ke pengadilan dengan membawa bukti-bukti yang otentik.

Terkait dugaan pemalsuan tanda tangan atas nama TR. Badai oleh Sekretaris Desa Pulo Ie, yaitu Saudara Hasyimi, masyarakat diminta untuk membuat laporan resmi kepada pihak kepolisian agar tindakan hukum lebih lanjut dapat diambil sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Pihak Pengadilan Negeri Suka Makmue, jika melakukan kembali sita eksekusi, diimbau untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum. Selain itu, Pemerintah Gampong Pulo Ie dan Gampong Ujong Sikuneng berkomitmen untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan pemilik tanah agar dapat menunjukkan bukti kepemilikan tanah, sehingga permasalahan sita eksekusi dapat segera terselesaikan dan tidak menimbulkan konflik di kemudian hari.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman hukum yang lebih baik kepada masyarakat serta meminimalisir terjadinya permasalahan hukum terkait sengketa tanah di wilayah Gampong Pulo Ie dan Gampong Ujong Sikuneng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *