Selasa, April 23, 2024
BinkamHumasLantas

Telah Ditemukan Seekor Gajah Liar Mati di Desa Paya Udeung Kec. Seunagan Kab. Nagan Raya

Tribratanewspolresnaganraya.com- Pada hari Jum’at, tanggal 1 Maret 2024, sekitar pukul 12.00 WIB, sebuah kejadian memprihatinkan terjadi di Desa Paya Udeung, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya. Seekor gajah liar ditemukan telah meninggal dunia, meninggalkan pertanyaan besar tentang penyebab kematian hewan langka ini.

Kronologi kejadian mengungkapkan bahwa pada hari yang sama sekitar pukul 10.00 WIB, Saudara Yuliana Yatim menerima informasi penting dari Saudara Syarifuddin, yang melaporkan adanya gajah liar yang sudah mati di dekat kebun miliknya. Informasi ini kemudian disampaikan kepada Saudara Amar dan Saudara Rahmat Fadron sekitar pukul 12.00 WIB. Mereka segera bergegas menuju lokasi untuk memastikan kebenaran laporan tersebut, dan segera memberitahukan kepada Bhabinkamtibmas dan aparatur gampong setempat.

Hingga berita ini diturunkan, bangkai gajah liar tersebut masih berada di lokasi kejadian. Keuchik (Kepala Desa) Paya Udeung, Saudara Nanang Darundana, telah menghubungi Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKPSDA) Aceh untuk penanganan lebih lanjut.

Dugaan muncul bahwa kematian gajah liar tersebut bisa saja terjadi beberapa hari sebelumnya. Kawanan gajah liar yang bermukim di daerah tersebut diketahui telah sering masuk ke wilayah pemukiman, yang disebabkan oleh berkurangnya areal hutan akibat ekspansi pertambangan batu bara di sekitarnya.

Prediksi muncul bahwa kemungkinan besar gajah liar tersebut sengaja diracuni, mengingat kondisi lingkungan yang semakin terdesak dan konflik antara manusia serta satwa liar semakin meningkat.

Maka dari itu, beberapa langkah penting perlu segera dilakukan:

Koordinasi dengan BKPSDA dan Pemerintah Daerah: Diperlukan kerja sama antara pihak terkait untuk menangani bangkai gajah liar tersebut dengan segera dan tepat.

Himbauan kepada Masyarakat: Bhabinkamtibmas bersama dengan aparatur gampong perlu mengimbau masyarakat setempat untuk selalu waspada apabila terjadi kehadiran kawanan gajah liar di wilayah pemukiman. Kesadaran akan pentingnya menjaga keberadaan satwa liar perlu ditingkatkan, sekaligus untuk mencegah konflik yang lebih besar di masa mendatang.

Pihak berwenang berharap agar kejadian ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dan konservasi satwa liar di wilayah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *